Trik Hemat Kuota Data Internet Ampuh

Ketika kuota internet sedang tipis dan bertepatan tanggal tua, kamu pasti kuatir tidak bisa pake internet. Ada trik mudah agar kuota internet kamu awet hingga masa berlaku habis.
Menggunakan internet pasti menguras kuota data yang digunakan dismartphone atau perangkat mobile lain. Kegiatan internet bukan saja browsing situs-situs tapi kegiatan media sosial (Instagram, Facebook, YouTube, streaming, dll) juga menguras kuota internet dengan cepat. Selain itu ada hal lain yang secara tidak kamu sadari juga menyedot kuota internet.

Tidak banyak orang bisa melakukan penghematan kuota ini dengan baik. Akibat terlalu asyik berselancar di dunia maya mereka tidak bisa mengontrol kuota yang dimiliki. Berikut beberapa trik menarik dari Pulsagram untuk menghemat kuota internet hingga awet.

1. Gunakan browser hemat kuota


Browser default yang merupakan bawaan dari smartphone kamu dapat banyak mengambil kuota internet kamu. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa mendownload dan menggunakan browser yang lebih efisien seperti Opera Mini. Browser ini memang sudah banyak terbukti dan banyak dipercaya mampu menyimpan kuota data internet secara primer dengan mengompres website yang kamu kunjungi. Dengan fitur data-saving “video boost”, kamu akan mampu mengurangi proses buffer dan mampu mengoptimalkan kualitas gambar tanpa perlu menyedot data internet yang besar.

Selain Opera Mini kamu bisa menggunakan Chrome bawaan dari Android dan lakukan setting sederhana ini, caranya adalah buka Chrome, sentuh ikon tiga titik di kanan atas, pilih Settings, lalu sentuh Bandwith dan pilih Data Saver untuk mematikan data saving.

2. Ubah fitur maps ke mode offline

Ini yang seringkali terlupakan. Kamu kadang tidak sadar kalau ternyata fitur Maps itu sangat menguras data internetmu, terlebih kalau kamu menggunakannya untuk layanan built-in navigation, turn-by-turn directions, melihat traffic secara real time atau melihat map dengan mode satellite seperti Waze atau Google Map.

Untuk mengatasi borosnya kuota dari penggunaan aplikasi Maps ini kamu bisa mengubah pengaturan Maps ini dari mode online ke mode offline. Untuk platform Android, kamu bisa menyentuh Search Bar di atas aplikasi Maps. Setelah itu kamu bisa menggesernya kebawah sampai bertemu pilihan “Save map to use offline”. Dari sini kamu bisa memilih pilihan save untuk berpindah ke mode offline.

3. Gunakan aplikasi Mailbox untuk keperluan email

Buat kamu yang sering menggunakan email untuk komunikasi, salah satu hal yang juga sering membuat kuota internet cepat habis adalah penggunaan email. Keperluan seperti membuka email dan juga upload dan download file attachment dari email akan membuat kuota tersedot banyak. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa mengunduh aplikasi Mailbox dari Dropbox yang telah tersedia diplatfom Android dan iOS. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, kamu akan mampu menyimpan data yang seharusnya tidak tersedot ketika menggunakan email.

4. Aktifkan peringatan penggunakan mobile data

Dengan menggunakan fitur data usage warning dan limit system yang built-in pada platform Android, maka kamu akan mendapatkan peringatan saat pemakaian kuota internet kamu melampaui batas. Untuk mengatur penggunaan mobile data ini kamu bisa masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit dan tap untuk mengaktifkannya.

5. Batasi update aplikasi dengan WiFi

Tanpa disadari beberapa aplikasi yang membutuhkan pembaruan (update) ternyata secara otomatis melakukan pembaruannya dengan menggunakan kuota yang kita miliki. Tentu saja ha ini tidak aka terlalu berpengaruh jika hany satu aplikasi yang harus diupdate. Namun bagaimana jika kita memiliki puluhan aplikasi yang secara bersamaan membutuhkan update?

Untuk aplikasi yang membutuhkan update data besar bisa kamu setting menggunakan WiFi only. Untuk mengaktifkannya kamu bisa masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only. Dan lakukan update aplikasi yang kamu perlukan terlebih dahulu.

6. Batasi penggunaan data di background

Habisnya kuota internet ini bisa disebabkan oleh penggunaan data otomatis di background smartphone kamu. Hal ini seringkali tidak banyak yang menyadarinya. Untuk mematikan penggunaan data di background ini kamu bisa masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK.

7. Batasi penggunaan data tiap aplikasi

Kamu juga bisa membuat pembatasan penggunaan data pada masing-masing aplikasi atau layanan yang ada untuk membuat pengematan kuota. Beberapa aplikasi memang memiliki opsi sinkronisasi dan opsi pengaturan datanya sendiri. Cara pengaturannya kamu bisa mengaksesnya melalui menu setting pada aplikasi yang ingin kamu atur.

8. Non-aktifkan sinkronisasi yang tidak diinginkan

Banyak akun yang melakukan sinkronisasi otomatis pada smartphone kamu yang membuat kuota internet kamu terambil secara langsung tanpa disadari. Untuk mengatasi hal ini ematikan atau nonaktifkan sinkronisasi otomatis ini pada beberapa akun yang ada yang jarang digunakan. Caranya adalah dengan kamu bisa masuk ke menu Settings > Accounts > kemudian pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan.

9. Identifikasi aplikasi yang menyedot kuota data

Kamu bisa melakukan uninstall aplikasi yang tidak digunakan yang menyedot kuota data. Caranya bisa menuju menu Settings > Data Usage dan scroll ke bawah. Disini akan menemukan daftar aplikasi yang memakan banyak kuota. Untuk menghemat kuota kamu harus melakukan uninstall aplikasi yang banyak mengambil kuota tersebut.

Nah trik di atas adalah cara untuk menghemat kuota internet kamu. Untuk beli paket data murah bisa membeli di Pulsagram, ada banyak paket data murah semua operator, seperti data murah Telkomsel, data murah Indosat, data murah XL, data murah Tri dan data murah AXIS.

Sumber : dari berbagai
Trik Hemat Kuota Data Internet Ampuh Trik Hemat Kuota Data Internet Ampuh Reviewed by Faber Nainggolan on Friday, October 18, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.