Fitur Teknologi Terbaru Smartphone di Tahun 2019

Smartphone sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari hari yang tidak bisa lepas dari diri kita. Sejak era booming smartphone baik itu berbasis Android atau iOS, digunakan untuk berbagai hal mulai dari kebutuhan berkomunikasi (telepon, messaging), bermain game hingga untuk gaya hidup.

Dari segi aplikasi, ratusan ribu jenis aplikasi dan berbagai jenis kategori bisa kita peroleh di Play Store. Dari segi teknologi, para vendor-vendor smartphone dunia pun berlomba-lomba meluncurkan smartphone dengan spesifikasi terkini untuk menyesuaikan perkembangan jaman. Manfaat yang kita dapatkan dari perkembangan teknologi smartphone sudah sangat terasa. Hanya dengan beberapa sentuhan kita dapat dengan mudah mengakses semua kecanggihan teknologi dari smartphone ini.

Berikut beberapa teknologi mutakhir yang menjadi perkembangan pesat di smartphone saat ini.

1. Biometrics

Pada smartphone keluaran terbaru sudah terdapat fitur biometrik yang lebih dikenal sebagai sensor fingerprint (sidik jari) atau face unlock, yaitu membuka kunci smartphone menggunakan wajah pemilik dan berkembang lebih lanjut menggunakan suara (voice recognition).


Fungsi dari biometrik ini untuk melindungi smartphone atau data-data penting didalamnya dari akses orang yang tidak mempunyai hak.

2. Wearable device

Wearable device artinya perangkat-perangkat yang dipasang dalam tubuh yang terhubung dengan smartphone, seperti kacamata, gelang, smartwatch dll. Ada lebih dari 110 juta wearable device sudah diluncurkan dipasaran dan akan bertambah seiring dengan perkembangan jaman. Bahkan tidak mungkin suatu saat ada smartphone komplit sebesar jam tangan.



3. Wireless charger

Wireless charging adalah teknologi terbaru dari smartphone, dimana kita tidak perlu menggunakan kabel untuk mencharge baterai HP namun hanya meletakkan smartphone diatas atau didekat charger, namun teknologi ini hanya baru beberapa jenis smartphone saja yang memiliki fitur ini.


4. Smartphone 5G

Internet menjadi salah satu teknologi yang juga berkembang pesat seiring dengan kemajuan smartphone. Bila kamu mengenal istilah 2G, 3G, LTE, pelan-pelan sudah menjadi kuno untuk hal jaringan kecepatan internet pada smartphone. Kini teknologi 5G sudah mulai diluncurkan meskipun masih sedikit manufaktur smartphone merilis smartphone dengan teknologi 5G, namun tak lama lagi akan banyak bermunculan smartphone menggunakan jaringan 5G.


5. Ponsel lipat

Meski masih menjadi prototype alias contoh desain jadi, kamera lipat akan menjadi tren dikemudian hari. Meskipun dibandrol dengan harga mahal teknologi ponsel lipat atau foldable phone akan menjadi gaya hidup dan prestise.

6. Kamera

Kamera seolah menjadi fitur standar dalam sebuah smartphone apalagi sejak booming media sosial. Kamera digunakan untuk fotografi dan selfi. Bila dulu resolusi kamera smartphone standar mencapai 2 MP saja, kini teknologi kamera smartphone sudah berkembang pesat menyaingi kamera DSLR.



Smartphone keluaran terbaru kini rata-rata dilengkapi dual camera, triple bahkan sampai 5 kamera belakang. Selain mempunyai fitur untuk merekam video hingga 1080p, resolusi kamera smartphone sekarang sudah mencapai puluhan megapixel per kameranya.

7. Prosesor (processor)

Prosesor merupakan otak elektronik dari smartphone. Dalam perkembangannya prosesor smartphone bekerja secara efisien dan membuat performa smartphone menjadi lebih cepat. Hal ini tergantung dari tipe prosesor yang digunakan, dikenal dengan istilah dual core, quad core hingga octa core, artinya dalam smartphone tersebut menggunakan 2, 4 hingga 8 inti prosesor untuk mempercepat kinerja smartphone.



Salah satu manufaktur prosesor yang banyak digunakan saat ini oleh para produsen smartphone adalah Qualcomm Technologies Inc. yang memproduksi prosesor tipe Snapdragon.

8. Memori (RAM)

Memori (RAM) pada smartphone digunakan untuk mempercepat proses kerja aplikasi terutama aplikasi berat yang membutuhkan RAM tinggi, semakin tinggi RAM dalam smartphone maka kecepatan dari aplikasi semakin cepat diproses. Contohnya dalam game-game terbaru sekarang, selain membutuhkan prosesor tinggi juga membutuhkan RAM yang tidak sedikit.



Bahkan smartphone canggih dipasaran sekarang sudah menyamai RAM yang umumnya dipakai di laptop atau PC yaitu 8 GB hingga 16 GB.


sumber : dari berbagai
Fitur Teknologi Terbaru Smartphone di Tahun 2019 Fitur Teknologi Terbaru Smartphone di Tahun 2019 Reviewed by Faber Nainggolan on Friday, October 18, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.