XQD Card, Pasangan untuk Kamera Beresolusi Tinggi

Penulis: Enche Tjin - detikinet
Selasa, 12/01/2016 10:15 WIB


DetikINET.com - Jakarta - Dua kamera profesional Nikon yang baru diumumkan yaitu Nikon D5 dan D500 mengunakan kartu memory XQD. Apakah itu? Selama ini kita terbiasa dengan kartu memory berjenis SD (secure digital) micro SD, atau CF (Compact Flash). 

Sebenarnya kartu jenis XQD sudah cukup lama di pasaran tapi hanya sedikit kamera digital yang menggunakannya. Di dunia fotografi, kita mulai mendengar XQD di tahun 2012, saat Nikon memutuskan untuk mengunakan di kamera DSLR profesionalnya, Nikon D4. Di tahun 2015 ini, Nikon kembali mengunakan kartu XQD lagi di kamera DSLR barunya yaitu Nikon D500 dan D5. 

XQD adalah format kartu media yang dirancang sebagai penerus dari kartu Compact Flash. Kecepatan baca tulis XQD saat diluncurkan melebihi kartu memori dengan format lainnya yaitu 1 GBit/detik (125 Mbyte/detik) ke 4 GBit/detik (500Mbyte/detik) dan potensi kapasitas penyimpanan melebihi 2 TB dalam satu keping kartu.

Format XQD sangat cocok untuk kamera yang beresolusi tinggi, atau yang dapat memotret berturut-turut dengan cepat. Selain itu, kecepatan kartu memori yang tinggi juga akan menguntungkan bagi videografer. Dengan mengunakan kartu XQD, kamera seperti Nikon D5 dapat memotret 200 file foto RAW tanpa mengalami penurunan kecepatan.



Untuk fotografer yang sering memotret olahraga, aksi dan satwa liar, tentunya penggunaan format ini sangat membantu, karena format lain seperti CompactFlash atau SDcard pengembangannya telah terbatas dan saat data yang masuk terlalu banyak, maka kecepatan foto berturut-turut akan melambat secara signifikan. 

Di tahun 2015, kecepatan transfer kartu XQD merk Sony mencapai 400MB/s untuk baca, dan 350MB/s untuk tulis. Kecepatan ini jauh melampaui kecepatan format CompactFlash yang mentok di 167 Mb/s. Di masa depan, kecepatan format XQDini diproyeksikan dapat mencapai 1GB/detik untuk baca dan tulis.
XQD Card, Pasangan untuk Kamera Beresolusi Tinggi XQD Card, Pasangan untuk Kamera Beresolusi Tinggi Reviewed by Nala Meliala on Tuesday, January 12, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.