Rematik Bikin Risiko Sakit Jantung Meningkat? Yuk Pangkas dengan Tai Chi

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Selasa, 12/01/2016 08:31 WIB
 
 
Foto: thinkstock
 
Detik. com  Jakarta, Mereka yang mengidap rheumatoid arthritis (RA) seringkali disebut-sebut memiliki peningkatan risiko penyakit jantung. Jangan khawatir, studi mengungkapkan risiko tersebut bisa diturunkan dengan latihan tai chi.

RA merupakan penyakit autoimun yang dapat menyebabkan peradangan. Orang dengan RA diketahui berada pada peningkatan risiko untuk penyakit arteri jantung, termasuk penyakit jantung koroner dan serangan jantung. Kondisi ini kemungkinan disebabkan oleh proses peradangan, yang juga meningkatkan risiko penyakit jantung lainnya termasuk obesitas dan diabetes.

Nah, latihan tai chi sendiri menggabungkan meditasi dengan lambat, gerakan yang lembut, teknik napas dalam, dan relaksasi. Intensitas tai chi bahkan disebut-sebut setara dengan berjalan 6 km per jam dan meningkatkan denyut jantung secara perlahan.

Dalam studi ini, peneliti melakukan pengamatan pada 56 pasien RA yang sudah stabil, dengan usia di atas 50 tahun. Sebanyak 29 pasien diminta untuk melakukan latihan tai chi, sementara sisanya tidak.

Kelompok tai chi melakukan latihan tersebut selama 60 menit per sesi, sekali dalam seminggu selama tiga bulan. Sementara kelompok yang tak melakukan tai chi hanya diberikan informasi tentang modifikasi gaya hidup, termasuk berhenti merokok dan penurunan berat badan.

Tes jantung dilakukan sebelum dan sesudah percobaan. Para peneliti menemukan bahwa pada kelompok tai chi, kondisi jantungnya lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak latihan tai chi.

"Selain itu, mereka yang rutin latihan tai chi juga memiliki kadar kolesterol yang lebih terkontrol," tulis para peneliti, seperti dikutip dari Arthritis Research & Therapy, Selasa (12/1/2016).
Rematik Bikin Risiko Sakit Jantung Meningkat? Yuk Pangkas dengan Tai Chi Rematik Bikin Risiko Sakit Jantung Meningkat? Yuk Pangkas dengan Tai Chi Reviewed by Nala Meliala on Tuesday, January 12, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.