Mengembalikan File Terhapus di Dropbox

    (ilustrasi/gettyimages)

DetikINET.com - Jakarta - Saya menggunakan aplikasi Dropbox, namun bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus yang sudah lebih dari setahun? Sedangkan saya belum punya akun pro-nya? (Arief92)

Jawaban:

Sayangnya jika kita hanya memiliki akun Dropbox standar, kita cuma bisa mengembalikan file yang sudah dihapus dalam waktu 30 hari, setelah itu file tidak bisa dikembalikan lagi.

Jika kita memiliki akun Dropbox Pro, maka akan ada opsi tambahan yang bisa kita aktifkan, extended version history, yang memungkinkan kita me-recover file yang sudah dihapus sampai batas waktu 1 tahun.

Akun Dropbox Business yang memungkinkan tidak ada limit waktu untuk file yang dihapus dan bisa dikembalikan lagi, cuma memang akun berbayar ini minimal untuk 5 orang dengan harga sewa USD 15 per orang per bulan untuk unlimited cloud storage.

Cara lain supaya kejadian ini tidak terulang, Anda bisa memanfaatkan cloud storage yang lain, seperti Google Drive. Ketika file yang dirasa sudah tidak dibutuhkan dihapus dari Google Drive, files tersebut akan masuk ke keranjang sampah, dan diam di sana tanpa batas waktu, sampai kita mengosongkan kotak sampahnya. 

Jadi suatu waktu file tersebut dibutuhkan kembali, file bisa di-restore via Google Drive di Web. Fitur ini di Google Drive tidak memerlukan akun pro atau berbayar. Jika dibutuhkan kapasitas cloud storage yang besar tanpa limit, bisa berlangganan Google Apps Unlimited, dengan harga USD 10 per orang per bulan.

Biasanya kita menghapus file di cloud terutama dengan alasan kapasitas cloud storagenya penuh. Ada banyak cara tanpa membayar mahal kita bisa mendapatkan cloud storage yang memadai. Misalnya dengan memiliki beberapa akun layanan cloud storage, misal Dropbox, Box, Google Drive, One Drive, dan lain-lain.

Layanan tersebut terkadang memiliki sistem referal, kita akan mendapat tambahan kapasitas cloud storage lebih besar jika mengundang teman untuk menggunakannya, mengisi survey, atau mendapat kapasitas gratis dari pembelian smartphone tertentu.

Mengatur isi file yang di-upload ke cloud juga memungkinkan kita dapat menghemat kapasitas cloud storage yang kita miliki, misalnya files berupa foto-foto yang jumlahnya banyak, di-sync ke layanan Google Photos dengan setting high resolution. Google akan memberikan kapasitas unlimited untuk foto-foto tersebut. Sisa cloud storage yang ada bisa kita manfaatkan untuk file lain.

File yang kita anggap tidak terlalu penting dan tidak perlu permanen harus ada di cloud, bisa juga kita simpan di cloud storage dengan salah satu trik ini, menyimpannya di cloud storage layanan chatting Telegram. Layanan chatting Telegram ini sedang banyak disukai, karena bisa diakses dari banyak device bersamaan, baik smartphone, tablet maupun PC, dan bisa mengirimkan files besar dan foto tanpa kompresi.

Jika tertarik, Telegram bisa di-download di Play Store secara resmi dari link ini Belakangan ini Telegram memiliki fitur yang menarik yaitu adanya Bot atau internet robot, software aplikasi yang bisa menjalankan berbagai task atau pekerjaan sederhana. Bot ini sekarang sangat berkembang dan rupa-rupa kemampuannya.

Salah satu Bot yang bisa kita manfaatkan untuk menjadi cloud storage adalah @MyTeleCloudBot. Cukup buka percakapan dengan add friend bot tersebut, maka kita bisa mengupload banyak files, dari mulai foto, video, sticker, dokumen dan file-file lain ke cloud storage Telegram tanpa limit.

(jsn/ash)
Mengembalikan File Terhapus di Dropbox Mengembalikan File Terhapus di Dropbox Reviewed by Nala Meliala on Wednesday, January 13, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.