Mau Pangkas Risiko Kanker? Yuk Rutin Medical Check Up dan Stop Merokok

Foto: thinkstock

Detik. com  Jakarta, Risiko kanker diketahui dapat dipangkas dengan menerapkan pola hidup sehat. Di antaranya adalah rutin melakukan medical check up dan berhenti merokok.

"Medical check up dan tes skrining kanker penting dilakukan secara rutin. Ini karena jika memang ditemukan tanda-tanda kanker pada tahap awal, maka pengobatan pun bisa dilakukan sedini mungkin dan menjadi jauh lebih efektif," tutur Dr John Daly, dari Fox Chase Cancer Center.

Tes skrining untuk biasanya mencakup berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, serviks, kolorektal dan kanker prostat.

Selain dengan rutin check up, Daly merekomendasikan Anda untuk menjaga berat badan yang sehat, aktif dan mengonsumsi makanan sehat. "Seseorang yang memiliki gaya hidup aktif secara fisik memiliki risiko lebih rendah dari kanker jenis tertentu dibandingkan dengan mereka yang jarang beraktivitas fisik," imbuhnya.

Untuk diet, perbanyak asupan buah-buahan dan sayuran setiap hari. Tambahkan juga dengan biji-bijian olahan. Sebaliknya, batasi konsumsi daging merah.

Hal penting lainnya untuk mencegah kanker seperti disampaikan oleh American Cancer Society (ACS) yakni dengan berhenti merokok. Hindari menggunakan tembakau dalam bentuk apapun.

"Berhenti merokok adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengurangi risiko kanker, tidak peduli apa berapa usia mereka atau berapa lama mereka sudah merokok. Asap rokok benar-benar berbahaya bagi kesehatan," kata Daly, seperti dikutip dari News Max Health, Selasa (12/1/2016).

Terakhir, untuk mengurangi risiko kanker Anda juga bisa mulai membatasi paparan sinar matahari berlebihan. Dengan begitu, Anda sudah mengurangi risiko kanker kulit. "Ketika Anda keluar rumah, gunakan tabir surya, pakaian pelindung dan kacamata hitam untuk membantu melindungi dari sinar UVA dan UVB," tutur Daly.

Mau Pangkas Risiko Kanker? Yuk Rutin Medical Check Up dan Stop Merokok Mau Pangkas Risiko Kanker? Yuk Rutin Medical Check Up dan Stop Merokok Reviewed by Nala Meliala on Tuesday, January 12, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.