Ini Dua Tipe Praktik Ilegal Dokter Asing di Indonesia

Foto: Thinkstock

Detik.com- Jakarta, Kementerian Kesehatan sedang gencar melakukan pengawasan terhadap praktik ilegal dokter asing di Indonesia. Berdasarkan temuan Kemenkes, ada dua tipe praktik ilegal dokter asing.

Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan, drg Usman Sumantri, MSc, mengatakan berdasarkan hasil temuan Kemenkes tahun 2014-2015 ditemukan dua tipe praktik ilegal dokter asing di Indonesia.

"Pertama adalah dengan menggunakan nama dokter lokal, dan kedua praktik tanpa izin di klinik yang sudah ada," tutur drg Usman, di Kantor Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (13/1/2016).

dr Usman mengatakan sebagian dokter asing yang praktik ilegal dengan menggunakan nama dokter lokal melayani pemeriksaan kesehatan komunitasnya. Dengan kata lain, dokter asing tersebut hanya melayani pasien pekerja asing atau ekspatriat di Jakarta.

Kedua adalah dokter asing yang menangani pasien lokal, dengan menumpang di klinik yang sudah berizin. Praktik ini jelas-jelas ilegal, dan termasuk  yang sering ditemukan oleh Kemenkes,

"Tahun 2014-2015 saja kita temukan ada 5 orang dokter ilegal. Kita pulangkan dan 1 orang dipidana," paparnya lagi.

Koordinasi terkait pengawasan dokter asing dilakukan Kemenkes bekerja sama dengan Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) dari Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia. Ke depannya, drg Usman mengatakan koordinasi dan kerjasama diharapkan bisa lebih maksimal.

(mrs/vit)



Ini Dua Tipe Praktik Ilegal Dokter Asing di Indonesia Ini Dua Tipe Praktik Ilegal Dokter Asing di Indonesia Reviewed by Nala Meliala on Wednesday, January 13, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.