Motobot Calon Musuh Rossi di MotoGP

Tokyo, Jepang - Yamaha membeberkan sebuah robot yang mampu mengendarai motor balap di Tokyo Motor Show 2015. Tujuannya? mengalahkan juara MotoGP Valentino Rossi.


Motobot didesain untuk mengendarai motor selayaknya manusia. Motornya sendiri tidak memiliki modifikasi khusus. Yamaha mengatakan dengan segala keunggulan Motobot, tujuan terakhirnya adalah mengalahkan catatan waktu Valentino Rossi.

Motobot memiliki bentuk menyerupai manusia yang tengah mengendarai motor. Motobot juga mampu menyesuaikan posisi badan layaknya pembalap.

Motobot memiliki enam aktuator untuk menyetir, akselerasi, rem depan, rem belakang, kopling dan pedal gigi. Motobot memacu motor berdasarkan data dari sensor internal motor untuk kecepatan, RPM mesin dan pengendalian motor.

Yamaha mengatakan di masa depan pihaknya akan menambahkan sensor seperti GPS dengan presisi tinggi dan artifical intelligence dengan kemampuan belajar sehingga Motobot akan mampu mengambil keputusan sendiri mengenai jalur balap terbaik dan mengetahui batasan motor yang dikendalikannya.

Untuk saat ini, Motobot masih belajar akselerasi jalur lurus di kecepatan 100 km/jam dan belajar cornering. Pada tahun 2017, Motobot diharapkan mampu membalap dengan kecepatan 200 km/jam atau lebih.





Teknologi yang dikembangkan Yamaha akan digunakan untuk pengembangan dan pengujian produk seperti menciptakan motor yang lebih cepat dan aman dan mengembangkan robot-robot lain.

Motobot juga akan dibekali kemampuan mengendalikan jetski dan kendaraan lainnya.


Berikut video ujicoba Motobot mengendendarai Motor :


Sumber : beritasatu.com
Motobot Calon Musuh Rossi di MotoGP Motobot Calon Musuh Rossi di MotoGP Reviewed by Faber Nainggolan on Monday, November 02, 2015 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.