5 kiat memaksimalkan media sosial untuk pertumbuhan startup Anda

Media sosial merupakan sebuah platform dengan user base yang sangat banyak. Dan sudah menjadi hal lumrah untuk sebuah startup membuat satu - atau beberapa - akun dalam media sosial guna membangun hubungan dan komunikasi dengan konsumen, calon konsumen atau klien, meningkatkan awareness, serta sebagai sebuah sarana marketing gratis yang efektif.

Kiat-kiat di bawah ini hanya menyentuh permukaannya saja. Anda sebagai pemilik startup lah yang kemudian dapat mengembangkan kiat berikut sesuai dengan kebutuhan startup Anda.

1. Tentukan strategi media sosial Anda sebelum membuat akun


Sebelum Anda membuat sebuah akun media sosial, tentukan terlebih dahulu strategi media sosial yang ingin Anda terapkan, entah untuk menunjukkan produk yang Anda punya, sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan pengguna, atau hanya sebagai media promosi alternatif. Setelah menentukan tujuan penggunaan sosial media Anda, kini tiba saatnya untuk menentukan siapa target pasar Anda. Apakah kalangan profesional? Atau kalangan konsumen umum? Jawaban dari pertanyaan tersebut akan menentukan media sosial mana yang bisa Anda gunakan, sehingga Anda tidak membuang-buang waktu dan sumber daya mengembangkan satu platform media sosial yang tidak relevan.

2. Tentukan media sosial yang cocok bagi startup Anda

Jika startup Anda mempunyai konsep bisnis B2B, maka LinkedIn sangat cocok untuk Anda gunakan. Melalui platform ini, Anda dapat berhubungan langsung dengan pelaku pasar yang bersinggungan dengan ranah yang Anda sedang garap. Selain itu, membuat akun media sosial di tempat yang sama seperti klien bisa menambah nilai komunikasi dan tingkat awareness bagi para follower akun dan juga klien Anda. Baca juga: Bagaimana media sosial bisa menjadi alat pemasaran yang kuat dan juga murah untuk startup Anda Jika Anda mempunyai konsep bisnis B2C, maka Facebook, Twitter, dan Instagram adalah surga bagi Anda. Facebook dan Twitter mempunyai user base yang sangat banyak di Indonesia. Dan Instagram dapat Anda gunakan untuk membuat sebuah kampanye promosi kreatif dengan memaksimalkan fungsi multimedia yang ia tawarkan. Jika Anda mempunyai dana lebih, gunakan fasilitas Facebook Ads dan Sponsored Tweet yang dimiliki kedua media sosial tersebut.

3. Sertakan informasi selengkap-lengkapnya pada akun media sosial Anda

Kolom Bio di Twitter atau About Me di Facebook diciptakan bukan tanpa alasan. Gunakan fitur ini untuk menjelaskan startup yang Anda punya secara singkat, gamblang, dan menarik. Sertakan juga alamat website startup Anda, alamat email representatif startup, dan jika ada, alamat kantor fisik yang Anda punya. Semua ini akan sangat berguna ketika nantinya konsumen - atau jurnalis seperti kami - ingin mencari tahu informasi lengkap mengenai startup Anda.

4. Manfaatkan Facebook Chat dan Twitter Mention sebagai alternatif customer service

Ketika startup Anda sedang mencari pendanaan atau berjalan sepenuhnya secara bootstrap, mungkin Anda akan mengesampingkan terlebih dahulu fasilitas customer service untuk startup Anda. Jangan berkecil hati. Gunakan media sosial sebagai sarana untuk berbincang dengan konsumen Anda. Jika Anda menggunakan Twitter, gunakan fasilitas Search untuk mencari post pengguna yang menyebut startup Anda, lakukan perbincangan dengannya dan tingkatkan awareness startup Anda. Atau, Anda dapat menggunakan Facebook untuk menampung semua keluhan konsumen. Jangan cepat menyerah jika Anda mendapat kritikan dari konsumen. Ketika Anda merespon secara cepat, hal tersebut menunjukkan keseriusan Anda dalam menyediakan layanan terbaik untuk konsumen.

5. Lakukan evaluasi strategi media sosial secara rutin dan jangan takut untuk bereksperimen 

Sebuah startup seringkali mengalami perkembangan yang sangat pesat. Tidak jarang juga banyak yang melakukan pivot dan merombak total startup yang mereka miliki. Informasikan hal ini melalui akun media sosial Anda. Dan jika Anda mempunyai strategi yang berbeda, jangan buat akun berbeda. Pertahankan akun Anda dan informasikan serta beri edukasi mengenai strategi terbaru Anda. Selain itu, jangan pernah takut untuk bereksperimen. Banyak yang melakukan kampanye media sosial secara nyeleneh. Jika masih dalam norma-norma yang berlaku dan tidak menyinggung SARA, kampanye media sosial kreatif dapat menjadi sesuatu yang viral.

Ngutip : id.techinasia.com
5 kiat memaksimalkan media sosial untuk pertumbuhan startup Anda 5 kiat memaksimalkan media sosial untuk pertumbuhan startup Anda Reviewed by Faber Nainggolan on Saturday, October 11, 2014 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.