Nokia dan HTC Akhirnya Resmi Berdamai


Nokia dan HTC kerap terlibat pertikaian hak paten. Dalam pertikaian hak paten tersebut, HTC kerap menjadi pihak yang kalah. Termasuk dalam perseteruan terakhir kedua perusahaan yang terjadi di pengadilan Jerman.

Kini, menurut kabar yang dilansir JerukNipis dari Neowin, kedua perusahaan memutuskan untuk mengakhiri perseteruannya. Nokia dan HTC pun kini mengumumkan bahwa mereka telah melakukan kerjasama terkait hak paten dan lisensi. Dengan begitu, baik HTC ataupun Nokia tak ‘bertarung’ di pengadilan, paling tidak dalam waktu dekat.

Dalam pernyataan resminya, Nokia mengungkapkan bahwa HTC akan membayarkan biaya lisensi terkait penggunaan hak paten milik perusahaan asal Finlandia tersebut. Selain itu, kedua perusahaan akan melakukan kolaborasi pengembangan teknologi.

Pertikaian hak paten antara Nokia dan HTC sejatinya sudah berlangsung lama. Kedua perusahaan kerap bertikai di meja hijau sejak tahun 2012, terutama di negara Inggris dan Jerman. Dalam pertikaian tersebut, Nokia menganggap bahwa HTC dengan sengaja menggunakan hak paten miliknya tanpa izin.

Dengan adanya kerjasama ini, maka HTC akan kembali bisa menjual produk smartphone HTC One Mini yang sebelumnya dilarang beredar di pasar Inggris. Seperti diketahui, pelarangan penjualan smartphone One Mini tersebut merupakan imbas dari kekalahan HTC dalam pertikaian hak paten melawan Nokia di negara tersebut.

Sumber : Neowin.Net
Nokia dan HTC Akhirnya Resmi Berdamai Nokia dan HTC Akhirnya Resmi Berdamai Reviewed by Faber Nainggolan on Monday, February 10, 2014 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.