Bollywood Bersorak Sambut CEO Microsoft 'Made in India'

Jakarta - Dipilihnya Satya Nadella sebagai CEO Microsoft tak hanya melegakan seluruh pemangku kepentingan di perusahaan itu. Lebih jauh lagi, India pun bersorak atas penunjukan ini.

Media-media lokal di Negeri Bollywood mengelu-elukan putra asli Hyderabad itu sebagai bukti bahwa India mampu melahirkan putra yang memuncaki dunia bisnis secara global.

“India membuat power point,” demikian headline besar salah satu media besar berbahasa Inggris di India, Times of India.

“India telah jelas muncul sebagai mesin yang melahirkan bakat yang konsisten mengaduk-aduk posisi CEO perusahaan global,” lanjut tulisan tersebut.

Dalam artikelnya itu, Times of India menyebutkan bahwa ini juga membuktikan bahwa perusahaan multinasional memiliki ketergantungan lebih besar di negara berkembang seperti India, dengan wilayah yang lebih luas, yakni menumbuhkan pemimpin.

Nadella lahir di Hyderabad, Andhra Pradesh, India, 46 tahun yang lalu. Keluarganya termasuk ke dalam silsilah Telugu Brahmin.

Masa kecil Nadella dihabiskan di negara asalnya, India. Satya mengenyam pendidikan di Sekolah Negeri Hyedrabad, Begumpet. Setelah akhirnya meraih sarjana bidang teknik elektro di Mangalore University.

Mimpi merajut kehidupan yang lebih baik dimulai saat dia melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat.

Di Negeri Paman Sam, Nadella meraih dua gelar master sekaligus. Satu di ilmu komputer dari University of Wisconsin dan satu lagi bidang administrasi bisnis di University of Chicago.

Vibhor Singhal, Wakil Presiden penelitian IT di PhillipCapital India, mengatakan kunci keberhasilan bakat dari India adalah keterbukaan ekonomi AS dalam hal menerima dan memungkinkan bakat dari luar untuk naik ke atas.

Dia menambahkan bahwa orang India sering memiliki bakat untuk perangkat lunak karena cenderung berpikir secara logis.

Sementara Vikram Dhawan, Direktur Investasi Equentis Research, sebuah perusahaan riset keuangan, mengatakan bahwa kemahiran dalam bahasa Inggris juga memberikan India peluang yang lebih baik untuk memenangi atas sebuah kompetisi global.

Selain Nadella, beberapa pejabat penting di perusahaan global juga berasal dari India. Semisal Anshu Jain di Deutsche Bank, Indra Nooyi di PepsiCo dan Ajay Banga di Mastercard.

Sumber : detik.com
Bollywood Bersorak Sambut CEO Microsoft 'Made in India' Bollywood Bersorak Sambut CEO Microsoft 'Made in India' Reviewed by Faber Nainggolan on Thursday, February 06, 2014 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.